INDORELEASE – Membuat siaran pers tidak sesulit kelihatannya. Yang perlu dipahami oleh bisnis adalah tujuan dan audiens atau target mereka. Menggunakan kata-kata dan kalimat sederhana untuk menyusun siaran pers adalah cara terbaik. Plus, menjaga tetap pada intinya sehingga media mengerti tentang apa pesannya. Berikut adalah 5 cara membuat press release yang benar untuk Anda ikuti.
5 Cara Membuat Press Release yang Benar
1. Pahami Tujuan Anda
Apa alasan penerbitan siaran pers dilakukan? Apakah itu peluncuran baru, membuat pernyataan, pengumuman, dll. Apabila Anda telah mengetahui alasan mengapa siaran pers dilakukan, cobalah untuk mengarahkan cerita berdasarkan tujuannya.
Tips: Tetap fokus pada 2 – 3 topik hanya dalam rilis
2. Berita Utama yang Mendesis
Buatlah judul berita yang layak diterbitkan, mudah dilihat, dan menarik perhatian. Dan pastikan tetap pendek.
Tips: Gunakan kata-kata untuk membangkitkan emosi.
3. Konten
Informasi yang disajikan harus tepat dan jelas. Dan informasi yang disampaikan juga harus tetap fokus berdasarkan tujuan. Pastikan mencantumkan siapa penanggung jawab (PIC), info kontak, website, dan media sosial di akhir press release Anda.
tips: Gunakan kata-kata sederhana.
4. Gambar
Gambar harus jelas dan fokus. Hindari menggunakan gambar dari internet karena hak cipta. Investasikan pada seorang fotografer. Cantumkan nama orang atau produk dalam gambar.
Tips: Gambar harus antara 1MB hingga 3MB.
5. Identifikasi Media
Ingat tujuan Anda dan buat saluran media yang tepat yang sesuai dengan audiens target Anda. Ketahui bagian media mana yang akan Anda kirimi siaran pers.
Tips: Kirimkan press release Anda dan lampirkan gambar di dalam email.
Baca juga: 3 Cara Menangkap Perhatian Media